Compassion Spiritualitas

Tiga Jalan Pulang

Ditulis oleh Gede Prama

Seperti mandaki gunung, ia bisa didaki melalui banyak arah. Demikian juga dengan jalan pulang ke rumah jiwa. Untuk memberi inspirasi ke para sahabat, berikut 3 jalan pulang ke rumah jiwa.

1. Social. Di jalan ini, seseorang melangkah pulang bersama keluarga spiritual. Biasanya terdiri dari banyak orang dengan minat dan keindahan hati yang serupa. Sekaligus dibimbing oleh seorang Guru sejati. Cuma hati-hati, di zaman ini sejumlah keluarga spiritual bernasib menyedihkan. Umumnya dibikin menyedihkan oleh uang dan seks.

2. Ethical. Jalan ini cocok untuk ia yang sejak kecil menyukai kesendirian. Pembimbing terindah di jalan ini adalah hati yang indah. Banyak menolong, sedikit menyakiti, itu pedoman yang paling disarankan. Agar tidak terpeleset ke tempat berbahaya, disarankan untuk mempelajari perjalanan suci roh-roh suci terdahulu. Sehingga ada pembanding.

3. Mystical. Ini jalan yang ditempuh para mistikus. Bukan untuk sembarang orang. Alam dan kehidupan adalah Guru yang menerangi. Di jalan ini ada banyak simbol-simbol rahasia, yang hanya boleh dibuka kepada orang-orang yang sudah memasuki pintu rahasia.

Photo Courtesy: All Free Download.

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.