Compassion Spiritualitas

Tiga Kunci Rahasia Di Dalam

Ditulis oleh Gede Prama

Seperti rumah yang lama tertutup rapat. Demikianlah nasib banyak jiwa di dalam. Tidak saja gelap, tapi juga pengap. Itu sebabnya, di sana-sini terlihat jiwa yang resah dan gelisah. Untuk melayani para sahabat, berikut 3 kunci rahasia di dalam.

1. Kurangi melawan. Di psikologi ada ungkapan tua yang berbunyi: “apa yang Anda lawan di dalam akan melawan balik dengan kekuatan yang lebih besar”. Untuk itu, lihat sisi-sisi indah dari semua kekurangan. Terima ia sebagai cara jiwa untuk bertumbuh.

2. Tersenyum pada setiap kekinian. Bukan sembarang senyuman, melainkan senyuman yang bisa melihat kesempurnaan bahkan di balik ketidaksempurnaan. Ingat, cacian adalah amplas yang menghaluskan. Pujian adalah suara seruling yang menentramkan.

3. Dengarkan seruling jiwa di dalam. Sejujurnya, setiap saat jiwa di dalam meniup seruling. Sedihnya, sangat sedikit ada manusia yang bisa mendengarkannya. Untuk itu, latih diri agar banyak bertrimakasih dan bersyukur. Ia membuat seseorang bisa mendengarkan seruling jiwa di dalam kapan saja dan di mana saja.

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.