Compassion Spiritualitas

Tiga Pembawa Cahaya

Ditulis oleh Gede Prama

Di setiap putaran waktu ada pembawa-pembawa Cahaya. Sangat sedikit diantara mereka yang boleh menyebut diri suci. Sebagian besar tersembunyi di balik baju orang biasa. Sebagai bahan renungan, berikut tiga jenis pembawa Cahaya.

1. Tipe raja. Ciri khas pembawa Cahaya jenis ini, mereka mencapai pencerahan dulu, kemudian dengan percaya diri berbagi Cahaya kepada dunia. Ada yang berbagi Cahaya dengan mengajar, ada yang berbagi Cahaya melalui keteladanan.

2. Tipe kapten. Pembawa Cahaya jenis ini berlayar dalam satu kapal dengan para murid. Ia hanya jadi kapten. Begitu sampai di pantai sebrang pencerahan, ia berlabuh bersama semua murid-murid.

3. Tipe penggembala domba. Ini pembawa cahaya yang paling mulya. Ia tidak pernah berlabuh di pantai pencerahan. Pembawa Cahaya jenis ini terus menerus menolong, menolong dan menolong. Sampai suatu hari alam samsara yang penuh penderitaan ini betul-betul kosong dari jiwa yang menderita.

.. bellofpeace.org belkedamaian.org

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.