Compassion

Sehat bahagia sampai usia di atas 100 tahun

Ditulis oleh Gede Prama

Sehat bahagia sampai tua adalah dambaan semua manusia. Tidak sedikit uang penelitian yg dihabiskan utk ini. Tapi tetap yg bisa mencapainya hanya sedikit orang.

Minggu ini ada kabar super gembira: “Tauladan cinta kasih kita berumur 101 tahun, sehat bahagia sampai tua bersama istrinya yg berumur 92 tahun”.

Keduanya telah menikah selama 65 tahun. Setengah abad plus 15 tahun. Kabar gembira yg lain, tauladan cinta kasih ini tinggal tidak sampai 1 kilometer dari Ashram tempat Guruji bermukim.

Warga banjar Bakungan desa Tajun Buleleng ini membuka rahasia sederhana tapi sangat bercahaya. Yg bisa membuat Anda sehat bahagia sampai tua:

  1. Seawal mungkin perbanyak makan sayur dan buah.
  2. Latih pikiran utk selalu positif di luar, holistik di dalam
  3. Mengurangi pertengkaran terutama dg orang-orang dekat
  4. Saat marah usahakan diam ditemani pengertian bahwa kita semua menderita
  5. Jika timbul ketidakcocokan selesaikan berdua. Tidak perlu cerita ke orang lain
  6. Tidak pernah berkata-kata tidak sopan pada anak dan istri
  7. Jika ditelusuri dalam-dalam, semua kesalahan datang dari diri sendiri

Sungguh serangkaian hasil perenungan yg luar biasa. Terutama karena datang dari orang desa. Dari sebuah zaman yg pendidikannya belum tinggi.

Semoga semua mahluk berbahagia. Semoga semua mahluk berbahagia. Semoga semua mahluk berbahagia. Semoga semua mahluk berbahagia.

Foto diambil oleh team pencari keluarga Compassion yg dipimpin oleh Komang Kawi

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.