Compassion

Mawar indah utk sahabat-sahabat dekat

Ditulis oleh Gede Prama

“If you throw thorns into my silence, it will become rose”, begitu terdengar di Ashram. Seindah apa pun hati di dalam, akan ada orang yg melemparkan duri.

Entah berita palsu atau kata-kata sentimen. Tapi jika Anda sepenuhnya hening (baca: holistik di dalam, positif di luar), durinya nanti berubah jadi mawar.

Ajakannya kemudian. tidak perlu terlalu bertenaga utk membuat semua orang agar menyukai. Bikin diri Anda agar senantiasa hening dan bening di dalam.

Utk direnungkan bersama, di tiap putaran zaman ada yg membaik ada yg memburuk. Termasuk tatkala lahir Nabi, Avatara dan Buddha.

Seseorang hanya akan mengotori diri di dalam jika menyebarkan hanya hal-hal buruk. Dikira menjilat jika hanya menyebarkan hal-hal baik.

Istirahat dalam keheningan, pada saat yg sama percantik keseharian dg compassion (belas kasih). Sesimpel matahari yg terbit di pagi hari.

Ada yg memuji atau tidak ada yg memuji, matahari akan selalu terbit tiap pagi. Itu yg dimaksud pesan di awal, jika disambut dg keheningan, duri yg dilemparkan orang akan berubah jadi mawar.

Dan mawar adalah salah satu simbol kesempurnaan di alam ini. Duri tidak membuat mawar jadi penuh noda, duri membuat mawa jadi sempurna.

Photo courtesy: Pexels

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.