Compassion

Pesan indah di balik Gerhana semalam

Ditulis oleh Gede Prama

“Once the Sun asked the Moon for a hug. And the World named it
an eclipse”, begitu seorang sahabat di Barat menulis indah.

Suatu hari Matahari minta didekap oleh Bulan. Dan di dunia manusia, dekapan jenis ini disebut gerhana. Sebuah penafsiran yg indah.

Undangannya, setelah melewati gerhana semalam, mari belajar mendekap. Pertama-tama mendekap diri di dalam. Termasuk kekurangan.

Cara mendekapnya, renungkan dalam-dalam, manusia yg tidak punya kekurangan tidak ada. Yg dilakukan jiwa-jiwa yg indah sederhana.

Alam berumur lebih panjang karena ia “mendekap” semua cuaca. Utk itu, latih diri utk berdekapan dg semua “cuaca” di dalam. Itu juga berkah indah meditasi.

Kedua, berbekalkan dekapan ke dalam, sekarang belajar mendekap dunia di luar. Dimulai dg mendekap orang dekat setidaknya di dalam pikiran.

Di dunia kesembuhan terlihat, orang yg didekap membawa dampak kesembuhan. Uniknya, yg pertama-tama sembuh adalah yg mendekap.

Ketiga, agar obat “dekapan” ini terminum, tidak saja dihafal, belajar lebih bijaksana dalam memilih kata-kata. Kata-kata tidak saja pesan yg dikirim ke luar.

Ia juga didengar dan dicatat oleh otak, kemudian berpengaruh pada kesehatan otak. Berikut beberapa contoh kata-kata yg penuh dekapan.

“Orang yg kata-katanya kasar tidak jahat. Ia sedang bercerita di dalamnya terbakar. Sedihnya, ia mau menyejukkan diri dg membakar orang lain”.

“Ia yg suka memaki, pikirannya kurang luas & kurang luwes. Yg menyentuh, ia mau menyembuhkan diri dg memaki orang. Obatnya tidak dapat. Bahkan meminum racun yg baru”.

“Berbaik hatilah pada orang yg mudah marah. Luka jiwa yg belum sembuhlah, yg membuat mereka jadi mudah marah”.

Jika sering menggunakan kata-kata yg penuh dekapan seperti ini, di dalam mudah sembuh. Dan kehadiran Anda akan menyejukkan lingkungan.

Akibatnya, tidak perlu menunggu datangnya Gerhana berikutnya. Di dalam ada Gerhana. Ada yg menyebutnya the dance of light and darkness.

Tarian Cahaya bersama kegelapan. Ada yg memberinya nama the dance of harmony and unity. Tarian harmoni dan kebersatuan.

Akibat langsungnya, makannya mudah enak, tidurnya mudah nyenyak. Kebahagiaan jadi mirip bernafas. Ia terjadi alami. Tanpa upaya.

Photo courtesy: Fb account of English Literature & Compass. Foto gerhana semalam 8/4 2024 dilihat dari wilayah AS
Shambala meditation center: bellofpeace.org, belkedamaian.org

bali #love #peace #meditation #healing #healingjourney

Tentang Penulis

Gede Prama

Guruji Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Detil dan kontak di https://www.gedeprama.com/

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.