Compassion

Otak dan Hati yang Harmoni

Ditulis oleh Gede Prama

Semua masalah pribadi, interpersonal, dan sosial berakar pada ketidakharmonisan otak dan hati. Terutama karena ketidakharmonisan semacam ini melepaskan racun ke dalam, dan mengundang datangnya konflik ke luar. Misalkan seseorang memiliki penyakit kronis. Selalu ada cerita tentang otak dan hati yang tidak selaras disana. Hal yang sama terjadi pada keruntuhan keluarga, atau perang antarnegara. Karena ini sangat penting, mari kita luangkan waktu bersama untuk memperdalam wawasan kita tentang keharmonisan otak dan hati.

Komunikasi dua arah…

Keharmonisan otak dan hati mengacu pada hubungan sinergis antara pusat kognitif dan emosional kita, yang meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan fungsi yang efektif. Otak, yang bertanggung jawab atas proses intelektual dan kognitif, dan hati, yang sering dikaitkan dengan emosi dan perasaan, berkomunikasi terus-menerus, memengaruhi operasi satu sama lain. Komunikasi dua arah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan emosional seseorang.

Sistem saraf otonom memainkan peran penting dalam interaksi ini, dengan cabang simpatik dan parasimpatiknya yang memodulasi respons.  Saraf vagus, pemain kunci dalam sistem parasimpatis, menghubungkan otak dan jantung, memfasilitasi pertukaran sinyal. Ketika kita mengalami stres, otak mengaktifkan sistem saraf simpatis, menyebabkan detak jantung meningkat. Sebaliknya, selama keadaan tenang, sistem parasimpatis memperlambat detak jantung, mendorong relaksasi.

Keadaan yang mengalir…

Penelitian dalam psikofisiologi menyoroti bahwa ritme jantung yang koheren, yang sering dicapai melalui praktik seperti perhatian penuh, meditasi, dan latihan pernapasan dalam, meningkatkan fungsi kognitif seperti pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan kreativitas. Koherensi antara jantung dan otak ini menumbuhkan keadaan mengalir, di mana individu mengalami kinerja puncak dan fungsi optimal.

Lebih dari itu, ketahanan emosional, aspek penting dari kesehatan mental, diperkuat oleh harmoni ini. Interaksi hati dan otak yang seimbang membantu dalam mengelola emosi, mengurangi kecemasan, dan meningkatkan stabilitas suasana hati secara keseluruhan. Konsep kecerdasan emosional, yang melibatkan pengenalan, pemahaman, dan pengelolaan emosi kita dan orang lain, berakar pada hubungan yang harmonis ini.

Hal ini dapat diukur dengan teknologi…

Kemajuan teknologi, seperti biofeedback dan pemantauan variabilitas denyut jantung (HRV), telah memungkinkan pelatihan individu untuk mencapai koherensi jantung-otak yang lebih baik. Teknik-teknik ini memberikan masukan langsung pada kondisi fisiologis, yang memungkinkan seseorang untuk dengan cepat menyesuaikan diri agar di dalamnya penuh harmoni.

Singkatnya, harmoni otak dan hati sangat penting untuk mencapai kehidupan yang seimbang dan sehat, yang mendukung kapasitas kita untuk berpikir jernih, merasakan secara mendalam, dan bertindak secara bijaksana. Integrasi ini tidak hanya meningkatkan kesejahteraan seseorang tetapi juga menumbuhkan hubungan interpersonal yang lebih sehat dan masyarakat yang lebih berwelas asih.

Foto milik: Pexels   
Pusat meditasi Shambala: bellofpeace.org, belkedamaian.org
#bali #cinta #perdamaian #meditasi #penyembuhan #perjalananpenyembuhan #harmoni #gurujigedeprama #gurujigedepramaenglish

Tentang Penulis

Gede Prama

Guruji Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Detil dan kontak di https://www.gedeprama.com/

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.