Compassion

Sahabat yang ada di Hati…

Ditulis oleh Gede Prama

“Sahabat di bibir itu dimiliki oleh banyak orang, tetapi sahabat di hati hanya dimiliki oleh segelintir orang”, itulah pesan yang Guruji dengar pagi ini di Ashram di Bali Utara. Banyak orang berbicara tentang pentingnya memiliki sahabat yang baik. Tetapi hanya sedikit orang yang benar-benar memiliki sahabat baik di hatinya. Terutama karena ada jurang yang lebar antara pengetahuan di kepala dan pemahaman di hati. Sebagai orang yang sudah tidak muda lagi, Guruji ingin berbagi dengan Anda, tanpa lumpur yang kotor tidak akan ada bunga teratai yang indah. Tanpa memiliki sahabat sejati di dalam, tidak akan ada sahabat sejati di luar.

Kata kuncinya adalah sahabat sejati di dalam. Oleh karena itu, semakin awal Anda mengembangkan sahabat di dalam diri, semakin baik. Sebagai permulaan, berhati-hatilah saat Anda berbicara kepada diri sendiri. Itu adalah percakapan yang terpanjang dan terpenting. Pilihan terbaik, berbicaralah kepada diri sendiri dengan cara yang sama seperti Anda berbicara kepada orang yang sangat Anda cintai. Hasilnya, Anda tidak akan pernah kesepian. Jauh lebih dalam, kesendirian itu sehat. Terutama karena Anda memegang remote control atas kebahagiaan Anda sendiri. Anda adalah penguasa atas waktu Anda sendiri.  Saat Anda tumbuh dewasa di jalan ini, Anda akan memahami melalui pengalaman secara langsung, tidak ada yang lebih mewah daripada menjalani kehidupan yang sederhana di dunia yang sangat rumit.

Seperti taman bunga yang secara alami mengundang datangnya kupu-kupu, atau pohon-pohon tua yang secara alami mengundang datangnya burung-burung yang berkicau, begitu Anda memiliki teman sejati di dalam diri, secara alami akan datang teman sejati di luar diri. Untuk membimbing sesama pencari cahaya agar lebih memahami tentang teman di dalam hati, berikut adalah beberapa nutrisi spiritual yang dapat dilakukan.

Hubungan mendalam yang membentuk kehidupan kita.

Sahabat di hati adalah ia yang lebih dari sekadar teman; mereka adalah jangkar kesejahteraan emosional kita, cermin yang memantulkan diri kita yang sebenarnya, dan sumber dukungan yang tak tergoyahkan. Persahabatan ini melampaui waktu dan jarak, berakar dalam pada saling pengertian, kepercayaan, dan kasih sayang. Tidak seperti kenalan atau teman biasa, mereka yang tinggal di hati kita berbagi hubungan mendalam yang membentuk kehidupan kita dalam banyak cara.

Teman-teman seperti itu adalah mereka yang memahami kata-kata kita yang tak terucapkan dan mengenali perjuangan kita secara diam-diam. Mereka merayakan kemenangan kita seolah-olah itu adalah kemenangan mereka sendiri dan berdiri di samping kita selama saat-saat tergelap kita tanpa menghakimi atau bahkan ragu-ragu.  Ikatan ini dibangun di atas fondasi pengalaman bersama dan kenangan yang berharga, menciptakan jalinan kepercayaan yang selalu dapat kita andalkan.

Mengingatkan kita bahwa kita tidak sendirian…

Arti penting sahabat di hati terletak pada kemampuan mereka untuk memberikan dukungan secara emosional. Tantangan hidup terkadang terasa sangat sulit, tetapi kehadiran sahabat sejati menawarkan kenyamanan dan perspektif, mengingatkan kita bahwa kita sedang tidak sendirian. Dorongan mereka dapat meningkatkan kepercayaan diri kita, nasihat mereka dapat membimbing kita melalui ketidakpastian, dan empati mereka dapat menyembuhkan luka kita.

Selain itu, persahabatan ini memperkaya hidup kita dengan menawarkan kasih sayang dan penerimaan tanpa pamrih. Di dunia yang sering menekankan individualisme dan persaingan, sahabat di hati mengingatkan kita tentang pentingnya hubungan baik dan komunitas. Mereka mengajarkan kita nilai dari memberi dan menerima cinta, menerima kita apa adanya secara utuh.

Tips praktis…

Agar ide-ide ini menjadi lebih praktis, berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti.

* Ingatlah untuk menjadi sahabat baik bagi semua pikiran, emosi, suasana hati, kenangan, dan pengalaman di dalam. Seperti alam yang merangkul siang dan malam, terimalah mereka sebagai bagian dari diri Anda yang sejati dan autentik.  Itulah yang Guruji maksud dengan menemukan kembali sahabat sejati di dalam diri.

* Begitu Anda menemukan sahabat sejati di dalam diri, vibrasi Anda akan menarik sahabat sejati dari luar. Karena itu, selalu ingat pesan ini, kita punya dua telinga dan satu mulut. Artinya, belajarlah untuk lebih banyak mendengarkan daripada berbicara.

* Karena cuaca buruk hanya menyisakan kayu yang baik, jagalah kualitas hubungan yang baik dengan sahabat Anda, terutama di saat-saat penuh tantangan dan kesulitan. Sebagai informasi, di zaman ini orang lebih percaya pada mata mereka daripada telinga mereka. Dengan kata lain, satu perbuatan yang indah membawa lebih banyak makna daripada ribuan kata-kata yang kosong.

* Yang terpenting, katakan hanya apa-apa yang telah Anda lakukan, lakukanlah apa-apa yang Anda telah katakan. Jika Anda tidak yakin bahwa kata-kata Anda akan membuat orang lain bahagia, jadilah sahabat yang baik dalam senyuman. Senyuman bukan hanya lilin yang Anda bagikan di luar, tetapi juga Cahaya indah yang Anda bagikan kepada kegelapan di dalam.

Foto milik: Akun Fb Feel the moment
Pusat meditasi Shambala: bellofpeace.org, belkedamaian.org
#bali #cinta #perdamaian #meditasi #penyembuhan #perjalananpenyembuhan #harmoni #gurujigedeprama

Tentang Penulis

Gede Prama

Guruji Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Detil dan kontak di https://www.gedeprama.com/

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.