Compassion

Kebahagiaan yang murah dan mendalam..

Ditulis oleh Gede Prama

Bagi sebagian orang, kebahagiaan itu mahal. Namun bagi para musafir spiritual yang mendalam, kebahagiaan itu sebenarnya murah. Bedanya, para pencari yang pertama mencari kebahagiaan di masa depan, atau terus berpikir bahwa orang lain lebih bahagia dari dirinya. Sedangkan para pencari kedua mencari kebahagiaan di saat ini, dan tidak tertarik untuk membandingkannya dengan orang lain. Jika Anda dapat berevolusi dari kelompok pencari pertama ke kelompok yang kedua, banyak hal indah yang dapat terjadi dalam hidup.

Sejujurnya, hidup itu mirip dengan sebuah perjalanan jauh. Mendengarkan musik kesukaan di sepanjang perjalanan, itulah kebahagiaan. Berhenti sejenak dan menikmati udara segar juga merupakan kebahagiaan. Menemukan tempat berteduh kecil untuk menikmati teh adalah bentuk kebahagiaan lainnya. Tersenyum dan tertawa kepada orang-orang yang Anda temui juga merupakan kebahagiaan. Dan masih banyak hal lain yang dapat membuat Anda bahagia, dan akibatnya badan menjadi sehat. Singkatnya, kebahagiaan yang mendalam juga bisa murah. Untuk melayani sesama pencari cahaya agar menemukan kehidupan yang sehat dan bahagia, sekarang mari kita selami bersama topik kebahagiaan yang murah dan mendalam.

Momen saat ini adalah momen yang indah…

Kebahagiaan yang murah namun mendalam sering kali muncul dari momen-momen kecil sehari-hari yang membawa kegembiraan dan kepuasan di dalam. Jenis kebahagiaan ini tidak berakar pada harta benda atau pencapaian besar, tetapi dalam apresiasi terhadap setiap kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang terjadi di dalam hidup . Kebahagiaan dapat ditemukan dalam kehangatan dari secangkir kopi pagi, kenyamanan pelukan dari orang tercinta, keindahan matahari terbenam, atau tawa yang dibagikan bersama teman-teman. Momen-momen ini cepat berlalu namun terasa mendalam, membumikan kita pada saat ini dan mengingatkan kita tentang apa yang benar-benar penting dalam kehidupan. Dalam bahasa HH Thich Nhat Hanh: “Momen saat ini adalah momen yang indah”

Salah satu aspek inti dari kebahagiaan sederhana adalah kesadaran penuh—praktik untuk hadir sepenuhnya pada saat ini apa adanya. Ketika kita memperlambat dan memperhatikan lingkungan dan pengalaman kita, kita dapat menemukan kegembiraan dalam hal-hal yang biasa. Tindakan menikmati makanan, mendengarkan gemerisik dedaunan, atau merasakan sinar matahari di kulit kita dapat sangat memuaskan jika didekati dengan sikap kesadaran penuh.

Keajaiban dari bersyukur…

Hubungan yang baik memainkan peranan penting dalam menumbuhkan kebahagiaan ini.  Hubungan yang penuh ketulusan dengan orang lain memberikan rasa kebahagiaan, memperkaya hidup kita dengan cara yang tidak dapat dilakukan oleh kekayaan materi apapun. Makan bersama keluarga, mengobrol dengan teman, atau menghabiskan waktu berkualitas dengan pasangan hidup dapat menciptakan kenangan yang abadi dan kebahagiaan yang mendalam.

Selain itu, mempraktikkan rasa syukur dapat memperkuat rasa kebahagiaan kita yang. Dengan berfokus pada apa-apa yang kita miliki daripada apa yang tidak kita miliki, kita dapat mengubah perspektif kita menjadi perspektif yang berkelimpahan. Menulis jurnal rasa syukur atau dengan sering mengungkapkan rasa terima kasih dapat membantu kita mengenali dan menghargai aspek positif dalam hidup kita. Jangan lupa, rasa syukur yang mendalam dapat mengubah hal-hal yang biasa menjadi luar biasa.

Langkah-langkah dalam kehidupan sehari-hari…

Untuk mendapatkan kebahagiaan yang murah namun mendalam, belajarlah untuk tidak terlalu bergantung pada apa-apa yang terjadi di luar, tetapi lebih pada bagaimana Anda memprosesnya di dalam. Agar lebih praktis, lihatlah segala sesuatu dari sisi-sisi yang penuh berkah. Tuangkanlah rasa syukur dalam setiap berkah apa pun yang dimiliki di saat ini. Terkadang berpergian jauh sambil mendengarkan musik merupakan sebuah terapi. Mendengarkan kicauan burung juga merupakan terapi. Bermain bersama anak-anak juga merupakan sebuah momen kebahagiaan. Yang Anda butuhkan adalah kesadaran penuh. Dan juga senyuman yang tulus.  Ingatlah jiwa-jiwa yang indah, agar berjumpa wajah kebahagiaan yang murah meriah, beranilah berbahagia bersama apa-apa yang telah ada. Ingat, kebahagiaan adalah apa yang Anda ciptakan untuk diri Anda sendiri.

Foto milik: Akun Fb Tulip Lovers
Pusat meditasi Shambala: bellofpeace.org, belkedamaian.org
#bali #cinta #perdamaian #meditasi #penyembuhan #perjalananpenyembuhan #harmoni #gurujigedeprama

Tentang Penulis

Gede Prama

Guruji Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Detil dan kontak di https://www.gedeprama.com/

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.