Kedamaian

Ikut berduka cita atas wafatnya YM Desmond Tutu

Ditulis oleh Gede Prama

Salah satu persahabatan yg dikagumi dunia di zaman ini adalah persahabatan antara YM Desmond Tutu dg YM Dalai Lama.

Kendati keduanya bertumbuh di 2 agama yg berbeda, perbedaan tidak digunakan sebagai tembok, melainkan jembatan yg menghubungkan.

Agama tidak digunakan sebagai alat utk merendahkan orang, tapi digunakan utk memulyakan orang. Dan ini diceritakan melalui tindakan.

Dan hari ini dunia berduka secara mendalam, karena YM Desmond Tutu wafat di usia 90 tahun. Tubuh beliau memang wafat.

Tapi keteladanan beliau akan tetap hidup di hati banyak sekali orang. Selamat jalan YM Desmond Tutu. Terimakasih atas Cahayanya yg sangat indah.

Photo courtesy: Twitter

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.