Kedamaian

Seni hidup seutuhnya…

Ditulis oleh Gede Prama

“Hiduplah seutuhnya, tetapi fokuslah hanya pada hal-hal yang positif”, itulah pesan indah yang Guruji baca di Bali Utara. Menurut Guruji, penderitaan terjadi karena banyak orang yang “serakah”. Mereka hanya menginginkan kesenangan bukan penderitaan, mereka hanya menyukai kegembiraan bukan kesedihan. Sebenarnya, penderitaan-kebahagiaan, sedih-senang adalah dua sisi dari mata uang yang sama. Keduanya tidak dapat dipisahkan, sesederhana siang dan malam yang saling melengkapi.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, tubuh manusia terbuat dari bahan-bahan yang saling bertentangan seperti api-air, padat-cair. Akibatnya, selama seseorang hidup dalam tubuh manusia, selalu ada emosi yang pasang surut dan pikiran yang bergelombang. Kabar baik dari Bali Utara, dampak negatif dari penderitaan dan kesedihan akan minimal ketika Anda belajar untuk hidup seutuhnya. Artinya, ucapkan selamat tinggal pada keserakahan ala anak-anak, jadilah sahabat kebijaksanaan dengan merangkul dualitas seperti penderitaan-kebahagiaan, sesederhana alam yang merangkul semua musim. Untuk memudahkan para pencinta perdamaian agar dapat tumbuh sepenuhnya, sekarang mari kita renungkan bersama apa yang Guruji maksud dengan hidup secara utuh.

Rangkul setiap momen secara autentik..

Terus terang, hidup secara utuh itu sederhana, ia adalah etos yang mendorong individu untuk merangkul setiap momen dengan niat, cita-cita, & keautentikan. Intinya, filosofi ini berputar di sekitar gagasan tentang menjadi utuh dan autentik. Jauh dari perbandingan dan persaingan. Ingat, kata kesehatan berasal dari kata keutuhan. Artinya, jika Anda ingin sehat, belajarlah untuk hidup secara holistik.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, untuk hidup sepenuhnya, seseorang harus terlebih dahulu menumbuhkan pola pikir bersyukur dan perhatian penuh. Dengan menghargai masa kini dan menyadari lingkungan dan emosi seseorang, ia dapat menemukan kegembiraan dan makna dalam aktivitasnya sehari-hari. Perhatian penuh mendorong kita untuk menikmati kebahagiaan kesederhanaan, seperti secangkir kopi pagi atau berjalan-jalan di alam, mengubah momen biasa menjadi pengalaman luar biasa. Pada saat yang sama, fokuslah juga pada pelajaran-pelajaran dari setiap peristiwa negatif seperti kegagalan. Bukan fokus pada hukumannya.

Menjadi sahabat yang baik untuk kebahagiaan & kepuasan batin…

Mengejar cita-cita dan hobi adalah aspek penting lainnya untuk bisa hidup sepenuhnya. Baik melalui hobi, aspirasi karier, atau impian terpendam, terlibat dalam aktivitas yang mendatangkan kegembiraan dan kepuasan diri sangatlah penting. Kegiatan-kegiatan ini tidak hanya memberikan arti hidup, tetapi juga menumbuhkan kreativitas dan ketahanan diri.

Hubungan yangg baik dengan orang sekitar juga memainkan peran penting dalam kehidupan yang membahagiakan. Membangun dan memelihara hubungan yang bermakna dengan keluarga, teman dekat, dan anggota masyarakat sekitar dapat memperkaya hidup kita dengan cinta kasih, dukungan, dan pengalaman yang indah bersama. Kebaikan dalam tindakan dan ungkapan rasa terima kasih dapat memperkuat ikatan ini, membuat hidup lebih bersemangat dan membahagiakan. Jangan lupa, sahabat di luar hanyalah cerminan dari sahabat sejati yang ada di dalam.

Rumah keseimbangan yang indah…

Selain itu, dengan hidup secara utuh dapat menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan waktu luang, kesehatan dan kebahagiaan, kesendirian dan keramaian. Diperlukan upaya sadar untuk memprioritaskan kesejahteraan dan kebahagiaan, memastikan bahwa hidup bukan hanya tentang mencapai tujuan, tetapi juga tentang menikmati prosesnya. Kebahagiaan tidak hanya tersedia di tempat tujuan, tetapi juga tersedia secara melimpah di sepanjang perjalanan.

Keberhasilan tidak hanya diukur dari pujian orang lain, tetapi juga dari kedalaman rasa syukur Anda. Kebahagiaan tidak hanya terkait dengan rasa hormat orang lain, tetapi juga dari kedalaman rasa syukur di dalam. Di atas segalanya, puncak dari hidup yang utuh adalah kedamaian. Seperti yang diketahui secara luas di mana-mana, kedamaian adalah tingkat kesuksesan yang tertinggi. Ia juga satu-satunya kekayaan yang tidak dapat dicuri.

Foto milik: akun fb EndTimes News
Pusat meditasi Shambala: bellofpeace.org, belkedamaian.org

bali #cinta #perdamaian #meditasi #penyembuhan #perjalananpenyembuhan #harmoni #gurujigedeprama

Tentang Penulis

Gede Prama

Guruji Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Detil dan kontak di https://www.gedeprama.com/

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.