Kedamaian

Pikiran yang indah…

Ditulis oleh Gede Prama

“Jika Anda ingin mengetahui pikiran Anda di masa lalu, lihatlah tubuh Anda sekarang. Jika Anda ingin mengetahui tubuh Anda di masa depan, lihatlah pikiran Anda sekarang”, itulah pesan dari Ayur Veda. Salah satu kitab tertua tentang kesehatan dan umur panjang. Kitab ini menggarisbawahi pentingnya pikiran. Pikiran dalam hal ini bagaikan kekuatan super. Akibatnya, mereka yang memahami pikiran secara mendalam, juga memahami kehidupan secara mendalam. Dapat dipahami ketika banyak meditator mengatakan, perjalanan meditasi adalah perjalanan dari menjadi pelayan pikiran menjadi penguasa pikiran. Sementara mereka yang terus-menerus melayani pikiran akan sangat menderita, meditator hebat yang telah menjadi penguasa pikiran akan lebih sedikit menderita. Atau bahkan terbebas dari penderitaan kehidupan.

Oleh karena itu, mari kita selami bersama bagaimana cara kerja pikiran. Secara umum, pikiran adalah hasil interaksi antara kecerdasan dan interaksi. Ia akan menjadi racun ketika kecerdasan yang kaku (bersifat benar-salah, hitam-putih) bertemu dengan lingkungan yang kaku (penuh dengan dinding yang memisahkan). Pikiran akan menjadi kolam obat jika kecerdasan yang mengalir berinteraksi dengan lingkungan yang fleksibel. Dan meditasi membantu Anda untuk berkembang dari kecerdasan kaku menjadi kecerdasan mengalir. Begitu kecerdasan Anda mengalir sempurna, dampak negatif dari lingkungan yang kaku akan sangat minimal. Sekarang mari kita bahas bersama, satu aspek dari pikiran. Bagaimana pikiran dan tubuh berinteraksi. Tubuh merespons pikiran… Bagaimana pikiran dan tubuh berinteraksi adalah konsep mendasar dalam sains dan filsafat, yang menekankan interaksi antara kondisi mental dan kesehatan fisik. Hubungan ini, yang sering disebut sebagai hubungan pikiran-tubuh, menggambarkan bagaimana proses psikologis dapat memengaruhi fungsi tubuh dan sebaliknya. Konsep ini berakar pada gagasan bahwa kondisi mental seperti stres, kebahagiaan, dan kecemasan dapat memiliki efek nyata pada tubuh. Misalnya, stres kronis dapat menyebabkan gejala fisik seperti sakit kepala, tekanan darah tinggi, dan sistem kekebalan tubuh yang melemah. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh respons stres tubuh, yang melibatkan pelepasan hormon seperti kortisol dan adrenalin. Seiring waktu, aktivasi dari respons-response ini yang berkepanjangan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit kardiovaskular dan gangguan metabolisme.  Pikiran meditatif menyembuhkan…

Bidang psikoneuroimunologi (PNI) mengeksplorasi interaksi rumit antara sistem saraf, sistem endokrin, dan sistem imun. Penelitian PNI telah menunjukkan bahwa faktor psikologis dapat memengaruhi fungsi imun, menyoroti hubungan mendalam antara kondisi mental dan kesehatan fisik. Misalnya, individu dengan jaringan dukungan sosial yang kuat cenderung memiliki respons imun yang lebih baik dan tingkat penyakit yang lebih rendah, yang menunjukkan dampak faktor emosional dan sosial pada kesehatan fisik.

Latihan pikiran dan tubuh, seperti yoga, tai chi, dan meditasi, mencontohkan hubungan ini dengan mengintegrasikan gerakan fisik dengan fokus mental dan kontrol napas. Latihan-latihan ini telah terbukti mengurangi stres, meningkatkan kesehatan fisik, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan. Teknik-teknik seperti pengurangan stres berbasis kesadaran (MBSR) dan terapi perilaku kognitif (CBT) juga memanfaatkan hubungan pikiran-tubuh untuk mengobati berbagai kondisi dengan menangani aspek mental dan fisik.

Langkah-langkah praktisnya…

Karena kecerdasan yang mengalir sangat penting untuk memperindah pikiran, pelajari lebih lanjut hal-hal apa pun yang membantu pikiran mengalir.  Sebagai informasi, inti terdalam dari kejeniusan lokal Bali adalah air suci. Air suci juga merupakan undangan untuk memiliki pikiran yang mengalir. Untuk lebih mempraktekkan ide tersebut, pelajari psikologi mengalir. Ide utamanya adalah keseimbangan antara tugas dan kapasitas. Ambil tugas yang sesuai dengan kapasitas Anda. Itulah awal dari kehidupan yang mengalir.

Mempelajari logika air adalah saran lainnya. Sementara pikiran yang kaku seperti batu, pikiran yang mengalir mirip dengan air. Ketika air bertemu air, mereka saling berpelukan. Kecerdasan mengalir adalah langkah lainnya. Pada saat membuat keputusan, berpikir adalah sahabat terbaik. Ketika sampai pada hasil keputusan, mengalir adalah pilihan terbaik Anda.

Foto milik: Akun Fb The perfect pictures
Pusat meditasi Shambala: bellofpeace.org, belkedamaian.org
#bali #cinta #perdamaian #meditasi #penyembuhan #perjalananpenyembuhan #harmoni #gurujigedeprama

Tentang Penulis

Gede Prama

Guruji Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Detil dan kontak di https://www.gedeprama.com/

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.