Kedamaian

Awet muda selamanya…

Ditulis oleh Gede Prama

“Penilaian Anda terhadap tubuhlah yang membuat Anda menjadi cepat tua. Namun, kesadaran penuh akan membuatnya selalu awet muda”, itulah pesan yang Guruji dengar pagi ini di Ashram. Artinya, belajarlah untuk tidak terlalu terikat pada tubuh. Semua tubuh akan menua dan mati. Berita baiknya, ada bagian dari diri Anda yang akan selalu awet muda. Ia adalah sang kesadaran. Sederhananya, kesadaran itu seperti ruang. Tidak ada angin yang dapat mengubah ruang. Ia mirip dengan langit. Tidak ada awan yang dapat merusak langit. Dan meditasi yang mendalam membantu dalam kasus ini. Terutama dengan belajar menjadi saksi selama bertahun-tahun. Bagaimanapun, ini adalah perjalanan yang panjang dan tidak mudah. ​​Guruji telah menempuh jalan ini selama lebih dari 40 tahun.

Singkat cerita, ia adalah kombinasi antara kesadaran dan kekosongan pikiran. Aspek yin (feminin) adalah kekosongan pikiran. Sisi yang (maskulin) adalah keduniawian. Kesadaran dekat dengan keutuhan. Di mana ada siang ada malam, di mana ada mawar ada duri.  Di mana ada kebahagiaan, di situ ada kesedihan. Kekosongan pikiran lebih sulit dijelaskan. Bagaimana Anda bisa menjelaskan keheningan dengan kata-kata? Bagaimana Anda bisa menjelaskan Cahaya kepada orang yang buta? Hanya praktik meditasi mendalam yang dapat membantu dalam hal ini. Terutama dengan menggunakan praktek jeda sebagai objek meditasi. Agar lebih praktis, di saat stres atau depresi, berpraktek mengosongkan pikiran adalah obatnya. Dalam kehidupan sehari-hari, kesadaran penuh adalah pemandu yang baik. Kombinasi antara keduanya, itulah kompas spiritual untuk tetap awet muda secara spiritual selamanya. Untuk memperkaya perjalanan hidup Anda, sekarang izinkan Guruji memberikan Anda nutrisi spiritual berikut ini.

Ini melibatkan pendekatan holistik terhadap kehidupan…

Pencaharian terhadap obat awet muda telah memikat banyak manusia selama berabad-abad, melampaui budaya dan zaman. Ini adalah cita-cita yang sulit dipahami, mencakup lebih dari sekadar penampilan fisik. Ia melibatkan pendekatan holistik terhadap kehidupan yang mencakup kesejahteraan mental, emosional, dan spiritual. Secara fisik, mempertahankan keremajaan dapat dikaitkan dengan gaya hidup yang sehat. Olahraga teratur, diet seimbang yang kaya antioksidan, dan tidur yang cukup sangatlah penting.  Praktik-praktik ini membantu menjaga tubuh dalam kondisi prima, memperlambat proses penuaan. Kemajuan dalam perawatan kulit dan ilmu kedokteran juga memainkan peran penting.

Namun, awet muda secara fisik hanyalah salah satu aspek. Kegesitan mental dan kesehatan emosional sama juga pentingnya. Selalu semangat belajar seumur hidup, menantang diri sendiri dengan keterampilan-ketrampilan baru, dan mempertahankan sikap ingin tahu dan berpikiran terbuka dapat berkontribusi pada awet muda secara mental. Hubungan yang indah dengan orang-orang dekat dan jaringan dukungan yang kuat sangat penting untuk kebahagiaan emosional. Hubungan yang positif dan rasa kebersamaan dapat mengurangi stres dan memberikan stabilitas emosional, menumbuhkan jiwa yang awet muda.

Seni menjadi seimbang dan harmonis…

Spiritualitas juga memainkan peran penting dalam seni menjadi awet muda selamanya. Praktik-praktik seperti meditasi, kesadaran penuh, dan bersentuhan dengan alam dapat menyejukkan jiwa di dalam. Memiliki tujuan dan kepuasan dalam hidup dapat memberikan energi yang bersemangat dan awet muda yang melampaui usia fisik. Pada akhirnya, seni menjadi muda selamanya adalah tentang keseimbangan dan harmoni dalam semua aspek dalam kehidupan. Ini adalah tentang memelihara tubuh, pikiran, dan jiwa, merangkul perubahan, dan mempertahankan pikiran-pikiran yang positif.  Meskipun kita mungkin tidak dapat menghentikan waktu yang berlalu, kita tentu dapat meningkatkan kualitas hidup kita dan mempertahankan esensi awet muda melalui hidup yang penuh kesadaran dan penerimaan diri.

Tips dan contoh nyata…

Karena pikiran memainkan peran penting dalam seni menjadi awet muda, harap diingat bahwa hidup selalu lebih sederhana daripada apa yang dipikirkan oleh pikiran yang rumit. Dengan kata lain, pikiran yang sederhana lebih berguna dalam hal ini.

Sementara masyarakat dunia material menyuruh kita untuk membeli lebih banyak, spiritualitas yang mendalam menyarankan Anda untuk menginginkan lebih sedikit. Perbedaannya, lebih banyak keinginan membuat hidup menjadi rumit, lebih sedikit keinginan membuat tubuh, pikiran, dan jiwa menjadi harmonis.

Orang-orang terkuat adalah mereka yang masih berhati indah walaupun dunia telah mencabik-cabik mereka. Ingatlah, senyuman Andalah yang dimaksudkan untuk mengubah kekerasan dunia. Bukan sebaliknya.

Oprah Winfrey yang terkenal pernah berkata: “Saya diperkosa pada usia 9 tahun, tetapi saya adalah salah satu wanita paling berpengaruh di dunia”. Pelajaran pentingnya, jangan biarkan masa lalu menentukan masa depan Anda.

Salah satu orang terkaya di dunia Bill Gates berbagi: “Saya tidak menyelesaikan pendidikan universitas saya tetapi menjadi orang terkaya di dunia”. Nutrisi spiritual, sekolah saja tidak membuat Anda kaya. Ijazah itu seperti tiket masuk. Yang menentukan adalah kualitas Anda di dalam.

Foto milik: Akun Fb Voire Nature, Rumi Heals, Earthmonk
Pusat meditasi Shambala: bellofpeace.org, belkedamaian.org
#bali #cinta #perdamaian #meditasi #penyembuhan #perjalananpenyembuhan #harmoni #gurujigedeprama

Tentang Penulis

Gede Prama

Guruji Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Detil dan kontak di https://www.gedeprama.com/

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.