Kesembuhan

Menjadi duta kejernihan

Ditulis oleh Gede Prama

“Dibikin panik dan stres oleh berita tentang virus corona”, itu yang terjadi di banyak belahan dunia. Banyak konferensi, konser, perjalanan yang dibatalkan. Tidak sedikit bandara jadi sepi. Sejumlah barang seperti masker dan tisu menghilang dari pasar. Tidak sedikit politisi yang saling menyerang dan saling menjatuhkan karena virus corona.

Untuk mengetuk hati para sahabat, di tengah dunia yang keruh oleh ketakutan, mari menjadi duta kejernihan di tempat masing-masing. Tidak saja untuk menyelamatkan diri dan keluarga dekat, tapi juga untuk menetralisir vibrasi gelap dan negatif yang menyelimuti bumi yang sangat kita cintai.

Cermati pendapat pakar biologi sel Dr. Bruce Lipton dalam news letter-nya yang dikirim ke banyak sahabat di seluruh dunia: “The fear of virus is more deadly than the virus itself!”. Artinya, ketakutan terhadap virus jauh lebih berbahaya dan lebih mematikan dibandingkan virus itu sendiri.

Sebagaimana telah dipublikasikan luas di sana-sini, di zaman ini stres memiliki kontribusi sampai 90% dalam proses melahirkan penyakit. Logikanya, ketika seseorang stres, otak melahirkan hormon tidak bersahabat seperti cortisol, yang secara meyakinkan membuat kekebalan tubuh jadi menurun drastis. Ini yang membuat seseorang terinfeksi virus.

Dan di balik stres nyaris selalu ada pikiran negatif. Dari takut, khawatir, ragu dan sejenisnya. Sebagaimana dikemukakan banyak ilmuwan, pikiran negatif melahirkan nocebo effect. Ia lawan dari efek placebo (baca: keyakinan manusia menyembuhkan dan menyelamatkan).

Belajar dari sini, membaca berita tentu tidak ada yang melarang. Tapi jangan izinkan berita melahirkan pikiran negatif. Apa lagi sampai panik membeli dan menyetok barang dalam jumlah berlebihan. Tidak sedikit dokter medis di negara maju yang menyebarkan berita seperti ini: “Semua bentuk praktik spiritual yang bisa menurunkan stres, serta meningkatkan kedamaian bisa menjadi perisai pelindung dari kemungkinan terkena virus corona”.

Langkah praktisnya, rawat diri dengan nutrisi yang cukup, olah raga yang tepat, serta tidur yang indah. Tambahan yang sangat penting, mengutip dari pakar genetika Dr. Kenneth Pelletier: “Good friends can be good medicine too”. Sahabat dan keluarga dekat bisa menjadi obat. Terutama jika Anda saling merawat.

Saran terbaik, selalu ikuti intuisi Anda. Jika tubuh para sahabat cenderung dingin, makan dan minumlah hal-hal yang membuat tubuh jadi lebih hangat. Bila kawan-kawan masa kecilnya terlalu aktif, makan dan minumlah makanan yang lebih pasif seperti sayur dan buah. Sebagaimana sering dibagikan, dunia yang panas oleh berita panik mirip api. Pikiran positif adalah air suci (Tirtha) yang sangat melindungi.

Dulunya pesan ini hanya terdengar di buku suci atau kelas meditasi. Sekarang pesan ini sering dikutip di dunia fisika quantum: “Consciousness creates life experience”. Bimbing diri untuk hidup dalam kesadaran penuh. Kesadaran ikut membentuk wajah kehidupan. Gunakan nafas sebagai jangkar untuk kembali ke saat ini. Berteduhlah di pohon tersejuk bernama ke-u-Tuhan (baca: di mana ada puncak gunung, di sana ada jurang. Di mana ada kelebihan di sana ada kekurangan). Semoga semua sahabat sehat dan selamat.

Penulis: Guruji Gede Prama
Photo by DDP on Unsplash

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.