Kesembuhan

Bertrimakasihlah pada rasa sakit

Ditulis oleh Gede Prama

“Apa salah dan dosa umat manusia koq dibikin demikian sakit dan menderita oleh virus corona?”, demikian anak muda bertanya. Tidak semua rasa sakit datang karena manusia memiliki salah atau dosa. Sebagian rasa sakit datang karena rasa sakit adalah bagian dari pertumbuhan dan siklus alam.

Ia sesederhana pak tani membersihkan daun-daun kering. Ketika daun kering dibersihkan, pohon memang mengalami rasa sakit. Tapi setelah itu, pohon bisa memiliki tunas dan daun muda yang baru. Hal yang sama juga terjadi dengan sejarah manusia yang sedang dibikin takut oleh virus corona.

Percayalah, setelah “daun-daun kering” dalam kehidupan manusia dipotong, di situ sejarah akan bertumbuh dengan tunas dan daun muda yang baru dan segar. Tanda-tanda ke arah itu ada dan jelas. Manusia mulai menakuti keramaian yang riuh dan keruh, kemudian menjumpai kesendirian yang jernih dan bersih.

Karena di luar banyak hal yang menakutkan, manusia mulai berkumpul sehat di taman jiwa terindah bernama keluarga. Setelah sempat dibikin congkak oleh pertumbuhan ekonomi tertinggi di sepanjang sejarah, mulai banyak manusia belajar merunduk rendah hati di depan alam dan kehidupan.

Penulis: Guruji Gede Prama
Photo courtesy: Unsplash

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.