Kesembuhan

Menyembuhkan ketergantungan

Ditulis oleh Gede Prama

Riset-riset mendalam tentang ketergantungan – entah ketergantungan narkoba, alkohol atau sex – bercerita sederhana tapi layak direnungkan.

Orang yg kena penyakit ketergantungan selalu mengira, pengalaman berikutnya yg lebih indah. Dalam cerita alkohol, tegukan berikutnya.

Sehingga terus menerus mereka minta lagi dan lagi. Ujungnya mudah ditebak, tidak pernah mengenal kata cukup. Kemudian berbahaya.

Agar sehat selamat, coba pelankan langkah. Lupakan tegukan berikutnya, berkonsentrasilan pada keindahan di saat ini. Sekali lagi saat ini.

Makanya dalam upacara minum teh di Jepang, semuanya dilakukan secara pelan perlahan. Keindahan ditemukan dalam proses. Dalam perjalanan.

Bahan inspirasinya, kurangi terlalu keras berkejaran ke masa depan. Kurangi terlalu bertenaga mendapatkan hasil. Menyatulah dg tiap proses di saat ini.

Di sana sering disembunyikan sejumlah rahasia spiritual. Dari kesembuhan, kebahagiaan sampai kedamaian.

Photo by 五玄土 ORIENTO on unsplash

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.