Kesembuhan

Kecantikan yang paling indah…

Ditulis oleh Gede Prama

“Bagian Bali manakah yang paling Anda sukai?”, itulah pertanyaan Guruji kepada seorang wanita Austria yang mengunjungi Ashram kemarin. Anehnya, dia berkata: ” saya menyukai kebaikan hati dari orang-orangnya”. Secara implisit, itu berarti, ada keindahan yang lebih dalam yang tersembunyi di Bali. Tidak hanya sekedar keindahan pantai, danau, gunung, pura, seni, tradisi yang indah, ada juga keindahan hati di pulau ini. Sementara keindahan luar terlihat menarik bagi mata, keindahan hati yang lebih dalam dapat menyentuh hati orang lain. Ia tidak hanya masuk dalam ingatan, tetapi juga ke dalam lapisan jiwa yang lebih dalam. Terutama di zaman ketika karisma kata-kata terus menurun, keindahan hati di dalam akan dengan mudah menyentuh hati orang-orang.

Oleh karena itu, semakin awal Anda mengembangkan kecantikan hati, semakin baik. Kabar baiknya, Anda memiliki semua bahan untuk membuat diri Anda memiliki hati yang indah. Dalam bahasa meditasi, fokuslah untuk hadir di saat ini. Jangan biarkan masa lalu menghalangi Anda, jangan biarkan masa depan membawa kegelapan ketakutan, cukup menyatu dengan napas. Rasakan momen ini sepenuhnya. Tanpa menolak yang buruk, tanpa melekat pada yang baik. Jadilah sahabat yang baik bagi ke-u-Tuhan. Dalam spiritualitas yang mendalam, hal ini disebut Keilahian. Tubuh Anda akan tetap menjadi tubuh manusia, tetapi jauh di dalam diri, Anda adalah seorang malaikat. Sulit untuk menjelaskan keindahan bulan purnama kepada orang buta, juga sulit untuk menjelaskan Keilahian ini kepada orang biasa. Namun aura Anda akan berbeda, kehadiran Anda membawa keharuman. Seperti lalat yang akan lari dari bunga, mereka yang memiliki niat buruk dengan sendirinya akan menjauh dari diri Anda. Untuk memudahkan sesama pencari Cahaya untuk memahami hal ini secara lebih dalam, sekarang marilah kita renungkan bersama.

Melampaui hal-hal yang dangkal…

Kecantikan adalah sebuah konsep yang melampaui penampilan fisik, mewujudkan kualitas yang memikat indra, menggugah emosi, dan menginspirasi kekaguman. Keindahan yang paling indah sering kali merupakan perpaduan yang harmonis antara atribut secara lahir dan batin, yang mencerminkan kedalaman yang mendalam yang melampaui segala hal-hal yang bersifat dangkal.

Kecantikan fisik sering kali menjadi aspek pertama yang menarik perhatian. Itu dapat ditemukan dalam simetri wajah, keanggunan gerakan, atau rona wajah yang cerah. Cahaya lembut matahari terbit, pola rumit sayap kupu-kupu, atau hamparan langit malam yang cerah—inilah saat-saat ketika dunia memperlihatkan estetikanya yang menakjubkan. Namun, kecantikan fisik, meskipun mempesona, bersifat sementara dan subjektif, bervariasi di berbagai budaya dan selera masing-masing individunya.

Kecantikan yang bercahaya melalui tindakan…

Di sisi lain, kecantikan hati memiliki daya tarik yang abadi. Ia adalah pancaran hati yang baik, kekuatan karakter, dan kehangatan jiwa yang penuh kasih sayang. Bentuk kecantikan ini bersinar melalui tindakan dan kata-kata, menciptakan kesan abadi dan hubungan yang mendalam. Seseorang yang mewujudkan empati, integritas, dan kerendahan hati sering kali memancarkan daya tarik yang menarik orang lain, meninggalkan jejak yang bertahan lebih lama dari hanya penampilan fisik.

Kecantikan yang paling indah adalah sintesis dari elemen-elemen ini, menciptakan daya tarik yang lengkap dan seimbang. Ia ditemukan dalam tawa dan canda anak-anak, kebijaksanaan dari seorang yang lebih tua, dan keberanian dari mereka yang menghadapi kesulitan hidupnya secara indah. Keindahan itu ada dalam seni puisi yang ditulis dengan baik, harmoni dari sebuah simfoni, dan perbuatan baik yang tidak dikenal. Keindahan seperti itu menginspirasi, membangkitkan semangat dan mengingatkan kita akan hakikat pengalaman manusia yang mendalam dan beraneka ragam.

Tidak dapat dilihat tetapi dapat di rasakan…

Singkatnya, keindahan yang paling indah itu tidak hanya apa-apa yang dapat dilihat, tetapi terdapat di apa-apa yang dapat di rasa. Ia adalah pengalaman yang melampaui hal-hal biasa, meninggalkan kesan yang tak terlupakan di hati dan jiwa seseorang. Ia mengingatkan kita bahwa keindahan sejati terletak pada harmoni penampilan, karakter, dan jiwa. Kembali ke penjelasan di awal, keindahan semacam ini dapat diakses melalui meditasi. Langkahnya sederhana, hadirlah sepenuhnya pada masa kini. Jangan biarkan masa lalu dan masa depan mencuri persahabatan Anda yang mendalam dengan masa kini. Ingatlah untuk selalu tersenyum. Ia terlihat sederhana namun memiliki makna yang sangat mendalam.

Foto milik: Akun Fb Voire Nature
Pusat meditasi Shambala: bellofpeace.org, belkedamaian.org

bali #cinta #perdamaian #meditasi #penyembuhan #perjalananpenyembuhan #harmoni #gurujigedeprama

Tentang Penulis

Gede Prama

Guruji Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Detil dan kontak di https://www.gedeprama.com/

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.