Video

Merenungkan Guru hidup

Ini alasan penting kenapa Guru hidup itu sangat penting:

  1. Ajaran suci “hidup” di tubuh manusia. Andaikan ia hidup di tubuh dewa misalnya, bahasanya saja sudah sulit dimengerti, apa lagi tempat tinggalnya
  2. Guru hidup hadir di putaran waktu yg sama. Di tiap putaran waktu, vibrasi alam beda. Susu sebagai contoh, dulunya disebut makanan sempurna. Sekarang susu dilarang di banyak negara. Artinya, di putaran waktu beda memerlukan obat yg juga beda
  3. Sebagian Guru hidup seperti Yesus, Mahatma Gandhi, YMA Dalai Lama mengambil rasa sakit di alam ini. Dalam bahasa buku suci: “Ajaran suci seperti cahaya matahari, penderitaan serupa daun kering. Bhakti pada Guru sejati adalah kaca pembesar yg diletakkan diantara keduanya”. Maksudnya, penderitaan terbakar habis.

Foto: Sri Edy, Ni Nyoman Sri Manis
Video: Tantrika Vajra Shanti

Tentang Penulis

Gede Prama

Gede Prama memulai perjalanan spiritual dengan berdialog bersama Guru simbolik di sebuah desa di Bali Utara. Ini kemudian diperkaya dengan sekolah ke luar negeri, perjumpaan dengan Guru spiritual dunia seperti YM Dalai Lama, YA Thich Nhat Hanh serta Profesor Karen Armstrong, serta olah meditasi yang panjang.

Kendati pernah memimpin perusahaan dengan ribuan karyawan, terbang ke beberapa negara untuk tujuan mengajar, tapi semua itu ditinggalkan karena dipanggil oleh bom Bali di tahun 2002. Sejak beberapa tahun lalu beliau bahkan tidak pernah meninggalkan Bali, sekali-sekali saja keluar dari keheningan hutan untuk mengajar di tempat-tempat suci di Bali.

Silahkan Berkomentar

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.